Kamis, 09 Juli 2009

Taman Nasional Bukit 12

Berdasarkan SK Menhutbun Nomor : 258/Kpts-II/2000 tanggal 23 Agustus 2000 tentang Penunjukan Kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas seluas 60.500 ha yang terletak di (3) tiga Kabupaten yaitu Sarolangun (6.758 ha), Batanghari (41.259 ha), dan Tebo (12.483 ha)

Taman Nasional Bukit Dua Belas ini merupakan tempat pengembaraan Suku Anak Dalam (Orang Rimba / Suku Kubu) dengan luas kawasan ± 29,485 Ha yang menyimpan keaneka ragaman Flora yang mempunyai nilai tinggi baik ekonomi maupun kepentingan lainnya seperti rotan, damar, jernang, jelutung dan keaneka ragaman Fauna seperti Labi – labi, rusa, Babi dan yang terancam punah seperti Rusa, Kijang, Beruang, Tapir, Burung Enggang, serta sumber Air panas Hitam ulu yang memiliki kasiat dapat menyembuhkan segala penyakit.


Di dalam kawasan ini dapat dijadikan kawasan ekowisata dan ekobudaya karena dapat menyelaraskan misi konservasi yang dikemas melalui pendidikan lingkungan, pemahaman budaya. Orang Rimba Bukit Dua Belas merupakan komunitas yang kaya dengan pengetahuan tradisional yang sarat muatan alam, serta memiliki kearifan memelihara hutan. Namun untuk menikmati berbagai aktivitas kehidupan Orang Rimba dan Orang Dusun (Orang Melayu) yang bermukim dipinggir sungai tidak bisa berlangsung 1 hari penuh. Melihat kondisi alam dan beberapa atraksi wisata yang dinikmati, perlu waktu antara 3 hingga 5 hari, sehingga para wisatawan bisa optimal menikmati hari – hari libur yang penuh dengan romantisme dialam terbuka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar